HAPPY FAMILY

Jumat, 14 Maret 2008

Property

Derasnya cerita kawan-kawan tentang property sebenernya cukup bikin panas dingin. Tapi memang kendala modal tetap bikin ganjalan. Walau begitu saya tetep coba buat memulai.

Dengan adanya penawaran suku bunga kredit bank yang rendah, membuat saya kepingin nekat mengambilnya. Faktanya, sekarang saya masih mempunyai cicilan rumah yang sedang saya tempati. Rumah tersebut saya peroleh pada tahun 2002. Yang parahnya lagi suku bunga cicilannya hampir 150% dari suku bunga yg. ditawarkan bank pd saat ini.

Akhirnya saya memutuskan untuk mencoba memanfaatkan salah satu program kredit properti. Pertama saya siapkan dokumen dan surat-surat yg. diperlukan. IMB dibuat seupdate mungkin, memang pembayaran PBB akan lebih besar, tetapi dengan harapan dapat dinilai oleh bank lebih tinggi.

Cari-cari properti tetep dilaksanakan diwaktu luang. Dalam proses pencarian banyak manfaat yang bisa saya petik. Tapi suka enggak suka, mau enggak mau kendala sebagai karyawan, menjadikan kurang maksimal baik dalam pencarian maupun dalam strategi pemanfaatan property. Misal kalo beli tanah terus bangun sendiri, dibutuhkan pengawasan yang ketat, sementara terkendala waktu dsb.

Pada akhirnya kredit dari bank akhirnya keluar. Memang tidak sebesar yang diharapkan, tapi mampu untuk menutup sisa cicilan rumah sekarang dan untuk membeli property yang nilainya lebih besar dari harga property yg. sebelumnya, Alhamdulillah.

Cicilannya gede dong. Buat ukuran saya iya .. lah wong yang dulu aja udah terasa gede kok. Tapi, dengan bunga yang jauh yang lebih rendah dan jangka waktu yang panjang kenaikan cicilan dari yang sebelumnya enggak besar-besar amat. Apalagi Alhamdulillah ada kenaikan sedikit gaji yang dapat menutup selisih cicilan tersebut. Artinya dengan cicilan sekarang, standar hidup saya tidak menjadi turun, walaupun jauh dari mewah.

Kembali ke property, Alhamdulillah ada penawaran investasi property yang kebetulan cocok dengan kondisi kami. Saya enggak terlalu pusing ngurusin, dapat return, hargany pas dg uang yang ada dan aman. Memang returnnya hanya 30% tidak sebesar bila ngurusin sendiri dan ada jangka waktu, tapi setidaknya jauh lebih besar dr bunga bank. Yang jelas sekarang saya ada property, enggak keluar banyak uang (paling2 sekitar 2 jt an buat administrasi bank, sedang biaya lainnya langsung dipotong dr kredit).

Propertynya berupa apa …. entar kapan-kapan dilanjutin, lagi ...


Dengan kondisi tsb. property ini bagus apa enggak, mungkin rekan-rekan yg. lebih tahu.

Tidak ada komentar: