HAPPY FAMILY

Kamis, 15 Mei 2008

Takut Bisnis

Kenapa, banyak orang lebih memilih menjadi karyawan ketimbang ber bisnis ?

Dari banyak alasan, diantara yang paling populer adalah:
  1. Adanya jaminan/keamanan/kenyamanan, yah jaminan bahwa tiap bulan akan dibayar, jaminan kalau sakit ditanggung dsb. Tapi tahukah Anda, bahwa setiap tahun ada saja pengangguran yang bertambah. Bukan dari orang yang baru cari kerja, tapi karena PHK. Maka jangan terlalu terlena jadi karyawan, jadilah karyawan yang mempunyai nilai tambah. Sehingga kalaupun ada PHK, kita termasuk yang dipertahankan.
  2. Takut kalau mau terjun di bisnis, karena merasa enggak punya pengalaman, takut rugi, enggak nyaman, entar banyak masalah dll.

Yang akan saya singgung adalah mengenai takut berbisnis. Salah satu metode agar berani berbisnis adalah dengan cara mengubah pertanyaannya. Jangan bertanya nanti kalau saya rugi gimana ? Karena pertanyaan ini enggak adil, karena jadi karyawanpun punya resiko di PHK.

Jadi ubahlah pertanyaannya dengan, kalau saya enggak belajar bisnis dari sekarang resikonya apa ? misalnya kalau tiba-tiba saya di PHK, sudah cari kerja susah, mau bisnis enggak punya pengalaman. Juga ajukan pertanyaan, Kalau saya memulai bisnis dari sekarang untungnya apa ? misal kemungkinan sukses lebih cepat, karena waktu belajarnya menjadi lebih panjang.

Tips diatas diambil dari seminar Tung Desem Waringin, yang juga bersumber dari orang-orang sukses kelas dunia.

Jadi mulailah Anda membuat daftar apa untungnya, dan apa ruginya bila tidak memulai bisnis dari sekarang. Selamat membuat daftar.

Tidak ada komentar: