HAPPY FAMILY

Selasa, 30 Juni 2009

TIPS BUAT PEKERJA/ KARYAWAN AGAR PENGHASILAN MENINGKAT

Bagaimana caranya seorang karyawan bisa melejitkan karir dan atau penghasilannya ?

Perhatikan Point-point berikut ini :

1. Bisa dipercaya

Anda punya prestasi sehebat apapun tapi atasan Anda tidak percaya dan nyaman percuma, walaupun sebenarnya percaya dan nyaman hanyalah sebuah persepsi dari atasan Anda. Mulailah dapat dipercaya dari hal-hal yang kecil, tanyakan pada atasan apa yang perlu diperbaiki, perhatikan dan lakukan. Maka kesempatan Anda untuk dipromosikan atau naik gaji terbuka lebar. Dapat dipercaya ini dalam artian positip, bukan menjilat dan berlebih-lebihan. Apalagi sampai nyemir sepatu atasan he..he...

2. Mempunyai nilai tambah

Mempunyai nilai lebih dibanding yang lain. Misal ketika semua tidak mencapai target dan kita mencapai target maka kita mempunyai nilai tambah. Tapi ketika semua orang bisa mencapai target, maka mencapai target hanyalah menjadi nilai standar. Lalu apakah nilai tambah kita sekarang ? sebagai ukuran misal perusahaan memutuskan akan memecat 50% karyawannya, kira-kira apakah kita termasuk dari bagian yang mana ? atau kalo dinaikkan lagi, misal yang mau dipecat 70%, kira-kira termasuk yang aman atau tidak, dan seterunya.

Lalu bagaimana kita tahu apakah kita mempunyai nilai tambah atau tidak. Yah anda harus menjadi yang terbaik, dibidang apapun yang akan Anda pilih.

Lalu bagaimana caranya menjadi terbaik ?

Harap diperhatikan, di bold, dimiringin, kasih tanda seru tiga kali, kasih bintang, dilingkarin dan dikasih tanda panah ya ....

Caranya :

A. Nyontek, yah nyontek dari yang terbaik, anda kumpulin orang-orang yang terbaik dalam bidang yang Anda inginkan amati, tanyakan caranya, gabung strateginya dan modifikasi. Maka Anda akan jadi yang terbaik. ATM (Amati, tiru modifikasi) kalau Anda hanya nyontek sama persis dengan yang no. 1, maka Anda biasanya hanya jadi no. 2.

B. Kita harus memberi lebih dari yang kita terima. Kalau anda digaji 200 dan memberikan pekerjaan bernilai 200, berarti Anda pas dan layak untuk tidak naik gaji. Apalagi kalo kurang, maka Anda layak untuk dipecat. Kalo Anda digaji 200, berikan pekerjaan yang bernilai 500, 1000 atau bila perlu 5 jt maka kita akan lebih kelihatan dibanding yang memberi biasa-biasa saja.

C. Tunjukkan iktikad kita orang yang mau maju. Tanyakan pada atasan, kira-kira apa lagi yang bisa kita berikan kontribusi lebih pada perusahaan.

3. Berperilaku menyenangkan

Pakai tatakrama. Penampilan yang sesuai, bersih bagus dan wangi. Anda berprestasi, kalo atasan deket anda terus pingsan, susah promosi juga nantinya. Berkata dengan cara dan bahasa yang baik. Misal dalam menyampaikan presentasi, mengajukan usulan maupun penolakan/ atau ketidak setujuan.

Inisiatif menyelesaikan masalah, setiap ada permasalahan apalagi dari atasan. Bilang akan saya perhatikan Pak dan kemudian benar-benar diselesaikan. Maka setiap ada masalah dan kita bilang saya perhatikan Pak, berarti image atasan adalah masalah akan segera selesai dan tenang.

Lingkaran Malaikat, apabila terjadi masalah yang tidak kita harapkan maka buatlah menjadi lingkaran malaikat bukan lingkaran setan. Misal kita datang terlambat, kemudian atasan marah “ Kamu itu, selalu terlambat !!” Padahal kan enggak selalu terlambat, apalagi kalo malemnya habis lembur sampai pagi. Kemudian dalam hati mengerutu, dasar atasan enggak perhatian dsb. Itu adalah setan kecil, selanjutnya besok-besok enggak mau lembur lagi ah ... mulai jadi setan besar, atasan lebih marah lagi sudah terlambatan sekarang enggak mau lembur, atasan jadi setan lebih besar dst. Kira-kira mau dipromosi apa enggak ?

Demikian juga soal kenaikan gaji, kalo kita digaji 200, kita berikan kerja 500, lalu atasan belum memperhatikan, kita berikan 1000, belum mau juga berikan 5 jt. Dan bila tetap tidak mau tahu juga, tetap positip, karena orang lain atau atasan lain pasti akan tahu. Dan mungkin anda akan dibajak dengan gaji yang lebih dahsyat.

4. Terakhir dikenal oleh orang yang tepat.

Percuma Anda dapat dipercaya, punya nilai tambah dan berperilaku menyenangkan tapi yang tahu hanya satpam saja. Berinisiatip, menjalin hubungan, misal mengajukan diri untuk tim ini dan itu, maka lambat laun Anda akan dikenal. Silaturahmi ke tiap divisi, untuk belajar dan dikenal. Nasib kita akan berubah, oleh siapa kita dikenal.

NOTE : APABILA ANDA TELAH MELAKUKAN SEMUA HAL DIATAS, TETAPI ATASAN ANDA TETAP TIDAK MEMPERHATIKAN ANDA MAKA ATASAN ORANG /PERUSAHAN LAIN YANG AKAN MELIHAT ANDA.

disarikan dr seminar TDW

Tidak ada komentar: