HAPPY FAMILY

Jumat, 03 Juli 2009

Pingin Punya Rumah Susah Amat ...

Siapa sih yang enggak pingin punya rumah ? ... cuman ya itu .... harga rumah jelas mahal. Enggak banyak yang bisa beli rumah secara cash ... terutama kalangan menengah bawah, apalagi yang jadi anggota BP7 (Bapak Pulang Petang Pinggang Pegal Pegal Penghasilan Pas-pasan).

Boro-boro cash, mo kredit aja sudah tereliminasi dibabak pertama.
Penyebab di tolaknya kredit biasanya :

1. Masuk daftar hitam BI, untuk yang ini makanya jangan suka ngutang ke Bank kalau enggak punya duit (Loh kalau punya duit ngapain ngutang ya .....). He ..he... maksudnya kalau kita tidak punya planning/ komitmen untuk bisa bayar tepat waktu yah usahakan jangan ngutang lah ke Bank. Perhatikan Kartu Kredit Anda, akibat tertunggak Anda bisa masuk black list BI, wal hasil rencana kredit rumah gagal gara-gara ini.


2. Karyawan kontrak. Iya biasanya Bank mensyaratkan karyawan tetap dan udah 2 tahun bekerja dengan surat keterangan. Padahal hari gini, kebanyakan Perusahaan lebih suka merekrut karyawan kontrak, sebab kalau dijadikan karyawan tetap, takut dengan peraturan Ketenaga Kerjaan yang harus memberikan bla ..bla .... penghitungan imbalan kerja dsb. Wal hasil ketika kontraknya habis, yah dikontrak lagi ..... memang sih nanti jadinya karyawan tetap ... tapi tetap kontrak he..he...


Kalo gitu karyawan kontrak jadi susah deh punya rumah ..... emang ... he...he ..., makanya jadi pengusaha (emang gampang yah jadi pengusaha?) .. Kalau Anda merasa punya kemampuan untuk dapat membayar cicilan yang direncanakan, bicarakan dengan bagian SDM nya minta tolong untuk dapat diajak kerjasama atas permasalahan tersebut. Tapi ingat, kata yang bercetak biru, karena yang dipertaruhkan adalah Nama Anda dan nama baik Perusahaan.


3. Cash in di Rekening Bank 3 bulan terakhir Amburadul. Iya ini merupakan syarat juga ... Anda ngaku-ngaku punya penghasilan 5 juta, tapi di bank masuknya cuman 3 juta malah kadang 1 juta. Untuk itu persiapkan aliran cash flow Anda di 3 bulan terakhir, sesuai dengan penghasilan yang Anda laporkan.


4. Pinginnya ngutang dengan cicilan perbulan 1.5 juta per bulan, apa daya jumlah 1/3 penghasilan Anda cuman 700 rb. Iya ... Bank biasanya mensyaratkan besarnya cicilan sebesar 1/3 gaji Anda, walaupun tidak ada jaminan bahwa yang dipotong 1/2 dari gaji tidak bisa melakukan pembayaran cicilan dari pada yang 1/3. Kan tergantung kepada komitmen kita masing-masing iya enggak ? . Untuk kasus ini biasanya kalau persyaratan lainnya lengkap sih tidak ditolak, tapi hanya dikurangin jumlah kreditnya.


Apalagi yah .... udah deh segitu dulu ... Intinya Bagi Pihak Bank Anda Mampu Melakukan Pembayaran Secara Tepat Waktu, kalau Anda yakin bisa, tapi terganjal persyaratan ... silahkan Anda pikirkan tulisan di atas.

Tidak ada komentar: